Jumat, September 19, 2008

Membuat storage drive didalam memory computer



* Fasilitas Backup dan restore
* Loading dan saving otomatis image file ketika start up compute
* Memodifikasi ukuran storage di RamDisk langsung ke memory

Software RamDisk dapat digunakan untuk membuat storage pada memory computer. Sebuah computer dengan memory besar atau bahkan sangat besar dapat memanfaatkan sebagian kapasitasnya memorynya menjadi drive seperti harddisk.

Software RamDisk sangat mudah digunakan, karena fitur software dapat langsung membuka bagian memory computer untuk dijadikan storage seperti drive harddisk. Penguna software cukup memilih berapa besar memory yang akan dijadikan storage drive, dan software akan langsung membagi bagian akan dijadikan storage drive.

RamDisk memiliki 2 versi. RamDisk biasa tanpa Plus hanya dapat membuat drive sementara pada memory . Seperti kapasitas memory 4GB, maka RamDisk biasa dapat membagi sebagian kapasitas memory misalnya 2GB untuk dijadikan Ram disk atau drive.

RamDisk biasa dimanfaatkan sebagai tempat sementara penyimpan data. Misalnya sebagai tempat membuang file temporary file yang umumnya bersifat sementara. Setelah selesai mengunakan computer, RamDisk akan melepas drive dari dalam memory. Ketika computer dinyalakan maka drive akan langsung tersedia kembali tetapi dalam kondisi kosong. RamDisk lebih baik digunakan untuk tempat membuang file seperti data sementara dari program dan bukan untuk penyimpan data permanen. Sehingga isi harddisk utama dapat tetap teratur dan tidak dipenuhi file sampah atau file sementara yang tidak berguna.

RamDisk Plus memiliki perbedaan dibandingkan RamDisk biasa. Software kedua tersebut memiliki fasiltas lebih lengkap dengan backup dan restore serta membaca image file. Drive yang dibuat kedalam memory nantinya akan dibackup otomatis sebelum computer dimatikan. RamDisk Plus juga memiliki fasilitas image restore dan saving, sehingga penguna dapat memilih data apa yang akan digunakan dengan me-restore data dari image file yang sudah disimpan.

Keunggulan dari RamDisk Plus sangat mudah digunakan. Penguna computer dapat mengatur berapa kapasitas storage yang akan dipakai. Misalnya 1GB lalu merubah menjadi 2Gb langsung dapat diatur oleh program. RamDisk Plus mapun RamDisk akan mengalokasi bagian yang dituju oleh penguna computer. Misalnya pada gambar dibawah ini ketika sebuah computer memiliki kapasitas 4Gb, dan mengunakan RamDisk Plus untuk storage drive sementara dengan kapasitas 2GB. Terlihat pada program langsung bagian 2GB sudah diaktifkan oleh software RamDisk Plus.

Tidak ada komentar: